Ini 4 Cara Jitu Meningkatkan IPK

Terbaru.news kali ini ingin menyampaikan informasi Ini 4 Cara Jitu Meningkatkan IPK, sebagai berikut :

Cara jitu meningkatkan IPK memang tidak bisa dikatakan sebagai persoalan yang mudah. Sebab meningkatkan IPK tidak bisa dilakukan secara instan. Harus ada langkah langkah dan strategi khusus yang disusun untuk meningkatkan IPK. Bagi mahasiswa, nilai IPK di tiap semester sangat berpengaruh untuk jenjang karir kedepan serta untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Biasanya ada standar atau patokan khusus yang ditetapkan sebagai syarat salah satunya adalah minimal IPK yang harus kamu dapatkan di semester paling akhir. Jika IPK kamu tidak memenuhi, maka dipastikan kamu tidak akan masuk kriteria. Nilai IPK yang tinggi tentu akan semakin membantu anda untuk meraih hal tersebut.

Itulah sebabnya memiliki nilai IPK yang stabil dan tinggi sangat penting bagimu untuk melanjutkan ke jenjang karir mu selanjutnya. Coba ingat lagi apakah IPK mu pernah turun? Jika memang IPK mu pernah turun, kamu harus berusaha untuk meningkatkan IPK mu kembali di semester ini. Asal memiliki niat dan tekad yang kuat untuk mau merubah nilai IPK setinggi apapun akan kamu raih. Memang meningkatkan IPK bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan waktu serta pengorbanan. Untuk itu kamu wajib membaca 5 Cara Jitu Meningkatkan IPK berikut ini.

1. Ubah Diri Sendiri untuk lebih Disiplin dan Terencana

Jika anda ingin meningkatkan IPK maka hal pertama yang harus dirubah adalah kebiasaan anda sehari-hari. Mulai coba untuk belajar menerapkan disiplin pada diri sendiri. Sikap disiplin memang sangat perlu untuk terus diasah, karena tanpa kedisiplinan maka keinginan untuk mendapatkan nilai IPK yang meningkat akan hanya menjadi angan-angan saja. Selain sikap disiplin yang perlu diterapkan kepada diri sendiri, anda perlu merencanakan segala sesuatu teliti dan memperhatikan setiap detail. Atur strategi belajar dengan terorganisir agar belajar menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

Baca Juga:   5 Prospek Lulusan Ilmu Komunikasi

Beberapa tips yang mungkin bisa kamu terapkan agar cara belajar menjadi lebih efektif adalah dengan mulai menyusun segala keperluan belajar menjadi lebih teratur. Beli lah sebuah buku planner atau notebook untuk mencatat semua agenda atau to-do-list mu setiap hari, atau bisa setiap minggu. Tulis semua pekerjaan rumah, agenda yang harus dilakukan pada hari itu, dan lain sebagainya. Setelah selesai mencatat semua agendamu, maka lakukanlah satu per satu sesuai tanggal deadline yang paling mendekati. Apabila tugas tersebut telah selesai, kamu bisa menambahkan tanda centang pada list yang telah kamu buat. Dengan begini, maka akan memudahkanmu untuk menyelesaikan semua pekerjaanmu dengan teratur bahkan bis selesai sebelum tanggal deadline yang ditentukan.

Tabung sedikit uang jajanmu untuk membeli keperluan journaling seperti sticky notes, spidol, stabilo, folder map, binder, dan lain sebagainya. Ini akan sangat memudahkanmu dalam mengelompokkan dan menyimpan barang atau bahkan file-file penting lainnya agar tidak berserakan.

2. Mulai Coba Aktif Berpartisipasi dalam Kelas

Menjadi aktif dan ikut berpartisipasi dalam menyampaikan pendapat di kelas akan memberikanmu poin plus untuk lebih dilirik dosen. Dengan menjadi aktif, dosen mata kuliah mu akan mudah mengenal dirimu. Tentu kesempatan seperti ini tidak boleh di sia-siakan. Dapatkan kepercayaan dosen mata kuliahmu dengan cara aktif dalam kelas beliau. Jangan merasa malu atau segan untuk melemparkan pertanyaan- pertanyaan kepada dosen dan teman-temanmu yang sedang melakukan presentasi. Tapi sebelum bertanya, pastikan pertanyaan kamu relevan dengan topik yang sedang dibahas pada waktu itu.

Baca Juga:   PANTANG MENYERAH KUNCI UTAMA JADI PENGUSAHA SUKSES

Sebelum menyampaikan pendapat, kamu juga perlu memahami topik yang akan kamu sampaikan. Dengan mengetahui topik yang dibicarakan maka audiens akan menilai bahwa kamu merupakan orang kompeten dan pendapatmu akan mudah untuk diterima dan dpertimbangkn. Pendapat yang kamu sampaikan akan menjadi sebuah indikator penilaian dosen kepada mahasiswa. Keaktifan mahasiswa di kelas juga menjadi suatu indikator penilaian dosen. Jika kamu bukan tergolong orang yang aktif di dalam kelas, maka mulai sekarang belajar untuk lebih aktif menyampaikan pendapat atau aktif bertanya di kelas.

3. Pindah Duduk di bangku Depan

Jika kamu masih suka duduk di belakang pada saat perkuliahan, maka kamu harus mulai belajar untuk duduk di bagian depan. Mungkin ini terdengar seperti mitos, tapi memang posisi duduk seseorang di kelas akan menentukan prestasinya. Hal ini dikarenakan ruang interaksional antara dosen dengan mahasiswa lebih dekat dan akan membuat mahasiswa cenderung sering berinteraksi dengan dosen. Begitu pula dengan dosen, beliau akan sering menunjuk siswa yang duduk di depan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen. hal sebaliknya terjadi kepada mahasiswa yang suka duduk di belakang, karena mereka akan cenderung berinteraksi dengan sesama temannya. Itulah yang menyebabkan mahasiswa yang duduk di bagian belakang akan sulit fokus memahami pertanyaan dan materi dari dosen. Maka dari tiu, salah satu cara jitu meningkatkan IPK adalah dengan memilih duduk di bangku depan.

Baca Juga:   PROGRAM BEASISWA SANTRI BERPRESTASI 2018

4. Mengulang Kelas Jika Diperlukan

Apabila masih terdapat mata kuliah dengan nilai yang kurang memuaskan di semester sebelumnya, kamu dapat mengulang kelas jika memang diperlukan. Kamu perlu mengulang kelas apabila terdapat nilai C pada beberapa mata kuliah tertentu. sebelum memutuskan untuk mengulang kelas, kamu perlu memperhatikan alur dan sistematikanya terlebih dahulu. Sebab mengulang kelas tidak dilakukan selama sekali atau dua kali saja, tetapi selama setengah tahun atau hitungannya adalah selama 1 semester.

Biasanya berbeda tempat perkuliahan atau jurusan, maka akan berbeda pula sistem yang diberlakukan. Maka kamu wajib hukumnya untuk mencari tahu mengenai hal ini ya sebelum mengulang kelas, agar tidak terjadi kesalahpahaman nantinya. Ada juga beberapa universitas yang membuka semester pendek dan waktu perkuliahannya pada saat hari libur.

Demikianlah artikel tentang Ini 4 Cara Jitu Meningkatkan IPK, semoga bermanfaat.

 158 total views,  3 views today

Berikan Komentar Anda