Informasi Terbaru! Cara Beli dan Harga Tiket Kapal Pelabuhan Ciwandan untuk Pemudik Motor

Pemerintah telah mendedikasikan Pelabuhan Ciwandan di Banten sebagai pusat penyeberangan bagi para pemudik sepeda motor. Para pemudik yang mau menyeberang ke Pulau Sumatera dari pelabuhan ini disarankan beli tiket secara online sebelum berangkat.
Cara membeli tiket kapal melalui aplikasi Ferizy yang bisa diunduh melalui Play Store buat gadget Android.

Anda direkomendasikan beli tiket jauh sebelum hari keberangkatan biar tidak ribet di pelabuhan. Kini calon penumpang tak bisa lagi membeli tiket di loket pelabuhan, Anda bisa membeli tiket melalui Ferizy di lokasi tetapi ada risiko kuota habis.

Berdasarkan penelusuran di aplikasi itu terlihat ada dua tujuan dari Pelabuhan Ciwandan, yaitu Pelabuhan Bakauheni dan Panjang di Lampung. Kelas layanan untuk keduanya hanya ada satu yakni reguler.

Baca Juga:   Ribuan Pemudik Motor yang ke Sumatera Padati Pelabuhan Ciwandan Banten Kamis Dini Hari

Sebelum memesan bisa tiket, Anda perlu memasukkan berbagai data termasuk jenis kendaraan yang digunakan. Pada kolom kendaraan hanya tersedia pilihan sepeda kayuh, motor dan kendaraan barang yang terbagi menjadi berbagai golongan.

Setelah pilih motor, misalnya Golongan II yaitu motor di bawah 500 cc, maka Anda diarahkan menentukan jadwal tanggal dan jam masuk Pelabuhan Ciwandan. Ada baiknya Anda cepat menentukan jadwal sebelum kuota habis seperti terlihat di berbagai tanggal keberangkatan.

Berdasarkan aplikasi ini, satu penumpang dewasa yang membawa satu motor di bawah 500 cc dikenai biaya Rp58.550. Jika motor Anda di atas 500 cc (Golongan III) biayanya menjadi Rp126.350.

Untuk melakukan pembayaran Anda perlu membuat akun Ferizy. Anda bisa mengaitkan pembuatan akun dengan Google atau Facebook.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Akademi Informatika Dan Komputer Medicom Medan 2024/2025

Anda akan diminta memasukkan nama penumpang berikut nomor KTP setelah itu melanjutkan ke proses pembayaran.

Pemerintah telah mengalihkan arus mudik motor dan kendaraan barang ke Pelabuhan Ciwandan agar Pelabuhan Merak yang kini dikhususkan kendaraan roda empat tak terlalu padat.

Sejumlah penyesuaian sudah dilakukan untuk mempersiapkan Pelabuhan Ciwandan menampung banyaknya pemudik motor seperti pengaturan arus, pemasangan rambu lalu lintas, pengawalan dari kepolisian hingga menambah kapasitas parkir.

Kementerian Perhubungan mengungkap telah menyiapkan 12 unit kapal roro di Pelabuhan Ciwandan untuk mengantar para pemudik.

Sebanyak lima dermaga di Pelabuhan Ciwandan dialokasikan untuk pesepeda motor, yakni dermaga 02, 03, 05A, 06 dan 07. Rencananya dijadwalkan 24 perjalanan per hari melalui lima dermaga ini.

Baca Juga:   Ini Dia 7 Cara Ampuh Mengatasi Headset Tidak Berfungsi di Laptop yang Wajib Anda Coba

Pada tahun ini jumlah pemudik diprediksi melonjak sampai 123 juta orang dari 85 juta orang pada 2022. Pemudik motor diperkirakan 25,13 juta orang atau 20 persen dari total pemudik.

Loading

Berikan Komentar Anda