Hasil Investigasi Mengungkap Fakta Menarik Mengenai Kecelakaan Mobil Listrik Mercy di Tol JORR

Mercedes Benz sudah melakukan investigasi terhadap mobil listrik EQE yang menabrak pembatas di Tol JORR dekat GT Ciputat 2. Pabrikan asal Jerman itu menyebut tidak ada malfungsi dari kendaraan yang terlibat kecelakaan.

Sopir bernama Parman menyebut setir dari Mercedes-Benz EQE yang dikemudikannya berasa tertarik ke kiri. Peristiwa ini terjadi di KM 18 +800, Rabu (21/6) pukul 06.15 WIB.

“Kendaraan masuk dari GT Ciputat 2 arah barat selepas dari gerbang sekitar 300 meter. Tiba-tiba, pengakuan sopir, kendaraan berasa setir menarik ke kiri,” kata Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Sutikno dalam keterangannya, Rabu (21/6/2023).

Sejurus kemudian, mobil langsung menabrak moveable concrete barrier (MCB) beton di sebelah kiri jalan. Hal ini mengakibatkan ban mobil Mercy listrik ini tersangkut.

Baca Juga:   Temuan Menarik di Dunia Thrifting AS: Jaket Universitas Paramadina Dijual 7 Dolar

Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan mobil listrik ini. Sementara mobil Mercy listrik mengalami kerusakan pada bagian bumper.

Mercedes Benz sudah melakukan investigasi menyeluruh dari vehicle onboard diagnosis, -sistem yang dirancang bisa memantau kinerja komponen mesin dan mendeteksi malfungsi. Hasilnya sistem kendali mobil berfungsi secara normal.

“Kejadian di Tol JORR adalah sepenuhnya kecelakaan. Utamanya, pengemudi dan penumpang dalam keadaan baik dan selamat,” buka Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Marketing Communication & PR PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dalam keterangannya, Rabu (21/6/2023).

“Berdasarkan pemeriksaan menyeluruh, kami tidak menemukan abnormalitas pada kendaraan. Ini diperkuat juga dari hasil investigasi pada vehicle onboard diagnosis terhadap komponen electrical power steering dan kami tidak menemukan adanya rekaman malfungsi atau keadaan abnormal baik sebelum, saat dan setelah kejadian,” tambahnya lagi.

Baca Juga:   Penting untuk Tahu! Apa yang Terjadi Jika Radiator Diisi dengan Air Mineral

Menilik fitur keselamatannya, Mercedes-Benz EQE seperti Active Distance Assist Distronic. Fitur ini memudahkan pengendara untuk mengatur jarak dengan kendaraan di depannya. Dalam rentang kecepatan 0 hingga 210 km/jam, sistem bantuan cerdas bisa mengerem dan berakselerasi secara otomatis.

Fitur ini aktif saat kendaraan yang bergerak lebih lambat di depan terdeteksi, DISTRONIC akan menyesuaikan kecepatan secara otomatis dan mempertahankan jarak yang dipilih. Pengemudi dapat memilih sendiri di antara empat tingkat jarak yang berbeda.

Selanjutnya, Mercedes-Benz EQE juga dilengkapi fitur Active Lane Keeping Assist, – memberikan peringatan saat Anda mulai menyimpang dari jalur dan secara otomatis akan menyesuaikan kemudi untuk membawa Anda kembali ke jalur Anda saat potensi tabrakan terdeteksi.

Baca Juga:   Inilah Gaji Pilot dan Pramugari Lion Air Serta Fakta-fakta Yang Tidak Diketahui Publik

Sistem canggih lainnya, Mercedes-EQE juga punya Adaptive High Beam Assist Plus, PRE-SAFE Impulse Side, Active Parking Assist with PARKTRONIC, dan Window & Knee Airbag.

Di lain sisi, EQE memakai baterai Lithium 90 kWh dengan jarak tempuh 673 kilometer. Kemudian tenaga maksimumnya 292 dk dan torsi 565 Nm. Mobil ini mampu berakselerasi dari titik nol hingga 100 kilometer hanya dalam waktu 6,4 detik, sedangkan kecepatan tertingginya 210 km/jam.

Loading

Berikan Komentar Anda