Emak-emak Viral Maksa Sedekah Muncul di Bogor Diamankan Satpol PP

Emak-emak viral maksa minta sedekah di Sukabumi sempat muncul di Cianjur. Kabar terbaru, wanita itu muncul juga di Kota Bogor.

Sebagaimana diketahui, wanita tersebut viral meminta-minta secara paksa di perumahan wilayah Cibeureum, Kota Sukabumi. Video saat marah-marah itu diunggah oleh akun TikTok @esapperdana.

Tak hanya di Cibeureum, wanita tersebut juga marah-marah dan meminta sedekah secara paksa di Kecamatan Baros, Kota Sukabumi. Dalam video yang diunggah akun Instagram @sukabumitoday memperlihatkan wanita itu tak terima warga yang tidak memberikannya uang.

Polisi di Sukabumi pun turun tangan. Petugas Polsek Baros, Resor Sukabumi Kota melakukan pendekatan secara persuasif dan mengajak wanita tersebut makan dan berbincang. Terungkap, wanita berinisial R (55) itu lahir di Palembang namun mengaku tinggal di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

“Iya betul tadi yang bersangkutan dibawa ke mako Polsek Baros. Saya ajak ngobrol, sepertinya yang bersangkutan memiliki tekanan batin dari pihak keluarga sehingga hidup sebatang kara, nggak punya tujuan. Makanya setiap bertemu orang meminta-minta, kalau nggak dikasih tensinya naik, merasa terzalimi katanya,” ucap Aiptu tumijo selaku Ps Kasium Polsek Baros saat dikonfirmasi detikJabar, Selasa (23/4/2024).

Muncul di Cianjur

Wanita itu kemudian terdeteksi berada di Cianjur. Dalam video yang beredar, dia sempat berdebat dengan warga dan seorang pria yang mengendarai sepeda motor di perumahan di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur.

Baca Juga:   Viral Harimau Muncul di Jalan Lintas Barat Lampung, Bikin Warga Resah

Ketua RW 08 Catursiwi Desa Nagrak Dhanny Firmansyah mengatakan, awalnya dia mendapatkan laporan dari warga ada seorang perempuan yang mengamuk dan mengumpat pada Kamis pagi sekitar pukul 10.00 WIB.

“Setelah dicek ternyata dia yang viral kemarin di Sukabumi minta-minta tetapi marah-marah ketika tidak diberi. Di komplek perumahan saya juga begitu, warga yang tidak ngasih dimarahin dan dikata-katain,” kata dia dilansir detikJabar, Kamis (25/4/2024).

Setelah sampai di Cianjur, R kembali lagi ke Sukabumi dan melakukan aksi serupa.

Kapolsek Baros Kompol Iman Parayitno mengatakan R memang kembali lagi. Pihaknya bersama unsur Kelurahan Jayaraksa menerima laporan warga yang mengaku resah diminta sumbangan sambil berteriak-teriak di kawasan pemukiman warga di Gang Amris RT 01/01 Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

“Memang betul, tadi siang Polsek Baros menerima informasi dari masyarakat mengenai ibu-ibu yang meminta sumbangan sambil berteriak-teriak di depan rumah warga di Gang Amris, Kelurahan Jayaraksa, Baros, Kota Sukabumi,” kata Iman, Jumat (26/4/2024).

Muncul di Bogor

Terbaru, R muncul di Kota Bogor. Ia lagi-lagi terlibat cekcok dengan warga sekitar. Kejadian itu terjadi di Lawanggintung, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Ketua RW setempat, Fani, mengatakan wanita viral itu datang ke wilayahnya pagi tadi dan mendatangi rumah-rumah warga untuk meminta uang. Wanita itu juga sempat terlibat adu mulut dengan warga karena tak terima diberi uang yang tidak sesuai.

Baca Juga:   India Hentikan Ekspor Beras, Dampak Pemanasan Global Semakin Terlihat

“Betul, baru hari ini datang ke sini. Dia jalan keliling ke kompleks, dia jalan ke arah bawah sana ke RW 4. Iya minta-minta uang,” kata Fani, Minggu (28/4/2024).

Akibat kesal, warga pun mengusir R. R dinilai meresahkan warga sekitar.

“Ya sudah meresahkan lah, karena bila dikasih (uang) tapi nggak sesuai keinginannya, dia marah-marah. Kan jadi resah warga saya. Tadi sudah ada yang kasih (uang), warga. Saya tidak mengusir, tapi tadi warga tadi sudah kesal jadi disuruh keluar (dari kompleks), makanya saya tegas tadi ngomong ke dia,” imbuhnya.

Dibawa ke Dinsos Bogor

R kemudian diamankan Satpol PP dan Dinsos Kota Bogor. Dia dibawa untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

“Hari ini kami amankan dulu ibu ini, kita cari keterangan kenapa sih ibu itu sampai hidup di jalan. Tindakan selanjutnya yang pasti kita cari keterangan dulu lebih dalam dari yang bersangkutan, setelah itu kita bersama dinas sosial kita putuskan, kita lakukan tindakan ke depan seperti apa,” kata Kasiops Satpol PP Kota Bogor Surya Dharma ditemui di lokasi, Minggu (28/4/2024).

Surya menyebutkan, wanita itu sempat viral di beberapa kota karena marah ketika tidak diberi uang. Wanita itu mengaku memiliki keluarga di Palembang dan sempat tinggal di Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga:   Jadwal Siaran Langsung AI Peppers vs Red Sparks di Liga Voli Korea

“Ya ibu ini beberapa bulan lalu juga sempat viral di beberapa kota hampir di Jawa Barat ibu ini sempat viral. Sebelum ke Bogor itu beliau dari Sukabumi. Dari Sukabumi ke Bogor, diongkosin dari pihak kelurahan di Sukabumi sampai ke Bogor,” kata Surya.

“Kalau nama kita belum tahu ya, tapi ibu itu mengakunya asli dari Palembang, punya rumah di Bandung tetapi sudah dikosongkan, dan sekarang katanya semua keluarga ada di Palembang,” imbuhnya.

Hasil Asessment

Pihaknya pun melakukan assesment. Diketahui R memiliki masalah pribadi.

“Asessment sementara ibu ini punya masalah pribadi, yang ibu ini ceritakan kepada kami dan temen-temen dari dinsos tadi, ibu ini punya masalah pribadi sejak sekitar 14 tahun lalu. Dia tidak ceritakan apa masalahnya, mungkin masalah keluarga,” kata Surya.

Diduga masalah itu terkait internal keluarganya. Masalah ini disebut membuat R tak bisa melihat keluarganya lagi.

“Kalau saya tanya apakah masalahnya berat atau nggak? Dia jawab sangat berat. Mungkin masalah internal dari keluarga ibu itu sendiri. Menurut dia ada masalah yang membuat dia nggak bisa melihat lagi keluarganya, keterangan dari ibunya sementara seperti itu,” imbuhnya

Loading

Berikan Komentar Anda