Daftar 10 Negara Dengan Umat Muslim Terbanyak Di Dunia

Bulan Ramadan 1445 H atau 2024 tinggal menghitung jam, di mana awal Ramadan 1445 H versi pemerintah masih menunggu hasil sidang isbat yang akan digelar pada sore hari ini. Sedangkan untuk awal Ramadan 1445 H versi Muhammadiyah sudah ditetapkan pada Senin (11/3/2024) esok hari.

Bulan Ramadan menjadi ladang pahala bagi umat Muslim di seluruh dunia. Banyak ibadah yang bisa dilakukan mulai dari puasa, membaca Al Qur’an, bersedekah, sholat melebihi dari waktu biasanya dengan mendirikan rangkaian sholat sunnah yang pahalanya berlipat ganda.

Banyaknya warga muslim di dunia juga membuat momen Ramadan ramai dan menarik banyak perhatian.

Jika dilihat secara total ada hampir sekitar 2 miliar pemeluk agama Islam di dunia. Jumlah penganut Islam saat ini adalah yang terbesar ke dunia di dunia setelah Kristen. Namun, banyak peneliti memprediksi bahwa Muslim akan melebihi jumlah Kristen pada tahun 2050.

Baca Juga:   Kelas Karyawan Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) Jakarta

Melansir dari data World Population Review, Indonesia menjadi negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak kedua di dunia. Total ada sekitar 236 juta penduduk di Indonesia yang memeluk agama Islam. Sedangkan negara dengan  jumlah penduduk Muslim terbanyak pertama di dunia yakni Pakistan yang mencapai sekitar 240,8 juta jiwa.

Daftar 10 negara dengan jumlah umat Muslim terbanyak di dunia.

  1. Pakistan 240,8 juta jiwa
  2. Indonesia 236 juta jiwa
  3. India 200 juta jiwa
  4. Bangladesh 150,8 juta jiwa
  5. Nigeria 97 juta jiwa
  6. Mesir 90 juta jiwa
  7. Turki 84,4 juta jiwa
  8. Iran 82,5 juta jiwa
  9. China 50 juta jiwa
  10. Aljazair 43,7 juta jiwa

Berdasarkan data tersebut justru ada yang menarik, saat negara-negara seperti Pakistan, Indonesia, dan India memiliki penduduk Muslim terbanyak, justru banyak negara kecil yang memiliki persentase penduduk Islam lebih tinggi.

Baca Juga:   Hasil Vietnam vs Timnas Indonesia 0-3 di Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia memiliki 84,35% penduduk Muslim dari total populasinya. Kemudian Pakistan memiliki 98,19% penduduk Muslim.

Sementara itu, sebuah wilayah kecil di pantai barat laut Afrika yakni Sahara Barat menjadi wilayah dengan persentase penduduk Muslim tertinggi dengan nyaris 100% populasi. Namun sayangnya, karena daerah tersebut masih dalam kategori wilayah sengketa dan juga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) belum mengakui sebagai negara, maka daerah tersebut didiskualifikasi, sehingga Pakistan menjadi yang paling banyak dari sisi persentasenya.

Loading

Berikan Komentar Anda