Cara Pendaftaran Di Universitas Terbuka UT

Berita Terbaru kali ini menyampaikan informasi tentang Cara Pendaftaran Di Universitas Terbuka UT, semoga informasi ini bermanfaat

Cara Pendaftaran Di Universitas Terbuka UT

1

UT (Universitas Terbuka) memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan satu Program Pascasarjana. Pada tahun 2016 UT menyelenggarakan 35 program studi yang terdiri dari 27 Program Sarjana, 3 Program Diploma, dan 5 Program Magister.

Setelah menentukan program studi yang diinginkan, mahasiswa akan memilih mata kuliah yang akan ditempuh pada setiap semester. UT memiliki sistem SIPAS, yaitu sistem pemaketan mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa dalam menentukan mata kuliah yang akan diregistrasikan dan terintegrasi dengan penyediaan bahan ajar. Sedangkan Non-SIPAS adalah sistem pengambilan mata kuliah secara satuan tanpa mengikuti aturan pemaketan mata kuliah dan tak terintegrasi dalam penyediaan bahan ajar. Perolehan bahan ajar versi cetak program Non-SIPAS dilakukan secara mandiri dengan cara membeli secara online melalui Toko Buku Online (TBO) dan versi digital pada Toko Buku Digital UT atau melakukan pemesanan pada saat registrasi online.

Jenis Pendaftaran Di Universitas Terbuka

UT memberlakukan 2 (dua) jenis registrasi, yaitu (1) pendaftaran mahasiswa baru/registrasi pertama dan, (2) registrasi mata kuliah. Pendaftaran mahasiswa baru/registrasi pertama merupakan pencatatan data pribadi (DP) mahasiswa beserta mata kuliah yang diambil pada semester pertama. Pencatatan DP hanya dilakukan satu kali selama menjadi mahasiswa UT. Selanjutnya mahasiswa harus melakukan registrasi mata kuliah yang diambilnya pada tiap semester berikutnya.

Waktu Pendaftaran Di Universitas Terbuka

Pendaftaran mahasiswa baru dan registrasi matakuliah dilakukan setiap semester sesuai kalender akademik tahun berjalan. Kalender akademik dapat diakses pada laman UT (http://www.ut.ac.id) atau diperoleh dari UPBJJ-UT setempat. Mahasiswa dianjurkan untuk melakukan registrasi dan membeli bahan ajar pada awal masa registrasi agar mempunyai cukup waktu untuk belajar. Mahasiswa yang melakukan registrasi mata kuliah akan menerima Lembar Informasi Pembayaran Registrasi (LIP-R) dari UPBJJ-UT untuk membayar uang kuliah. Batas akhir penerbitan LIP-R dan batas akhir pembayaran uang kuliah tercantum pada kalender akademik tahun berjalan. Mahasiswa disarankan untuk melakukan registrasi pada masa awal registrasi, jauh sebelum batas waktu registrasi berakhir.

Tempat Pendaftaran Di Universitas Terbuka

Registrasi dilakukan di UPBJJ-UT atau secara online. Formulir registrasi dapat diperoleh di UPBJJ-UT atau di laman UT (http://www.ut.ac.id). Mahasiswa yang berdomisili di luar negeri, registrasinya dilakukan melalui UPBJJ-UT Layanan Luar Negeri, kecuali bagi mahasiswa yang berdomisili di Singapura dan Malaysia, registrasi dilakukan di UPBJJ Batam.

Layanan Pendaftaran Di Universitas Terbuka

  • Pendaftaran Di Universitas Terbuka Langsung di UPBJJ-UT
    Mahasiswa datang langsung ke UPBJJ-UT dengan membawa semua berkas persyaratan yang ditetapkan.
  • Pendaftaran  Universitas Online
    Mahasiswa melakukan registrasi secara online melalui Sistem Registrasi Online (SRO). Penjelasan lebih lanjut dapat dilihat pada Petunjuk Sistem Registrasi Online yang dapat diunduh pada laman SRO pada alamat http://sro.ut.ac.id.
  • Kelas Karyawan Universitas Terbuka Keliling
    Mahasiswa melakukan registrasi di tempat-tempat registrasi keliling yang telah ditetapkan dan dilakukan di luar kantor UPBJJ-UT. Informasi lebih lanjut tentang registrasi keliling dapat diperoleh di UPBJJ-UT setempat.

135 total views, 1 views today

Berikan Komentar Anda