Cara Pantau CCTV Lalu Lintas Lewat Ponsel

Pemanfaatan Closed Circuit Television (CCTV) kini sudah makin berkembang. Jika sebelumnya CCTV hanya digunakan untuk memantau rumah, kantor, atau pertokoan saja, untuk saat ini CCTV juga sudah dimanfaatkan untuk melakukan pemantauan terhadap kondisi lalu lintas secara real time.

Tampilan dari CCTV jalan ini memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan maps online. CCTV jalan tidak hanya menampilkan kondisi lalu lintas berupa simbol atau keterangan saja, namun informasi yang diberikan berupa video yang ditampilkan secara nyata.

Penggunaan CCTV untuk memantau kondisi lalu lintas jalan tentu saja memberikan keuntungan yang sangat besar. Pasalnya, pengendara bisa mengetahui bagaimana kondisi lalu lintas jalan tersebut secara real time, sehingga bisa lebih akurat.

Dengan demikian, Anda bisa mencari alternatif jalan lain jika jalan yang dipantau mengalami kemacetan.

Cara melihat CCTV jalan

Dinukil dari berbagai sumber, terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk melihat CCTV jalan, yakni dengan mengakses laman website dan menggunakan aplikasi. Karena online, keduanya memerlukan jaringan internet untuk mengaksesnya.

Baca Juga:   VIRAL Anggota Polisi Bagikan Takjil Gratis Tapi Tak Ada yang Lewat

1. Cara melihat CCTV jalan dengan website

Cara melihat CCTV jalan yang pertama adalah dengan mengakses laman website. Terdapat setidaknya 3 website yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pemantauan terhadap kondisi lalu lintas.

RTTMC Kemenhub

Web pertama yang bisa digunakan untuk memantau kondisi jalan adalah RTTMC (Road Transport and Traffic Management Center) Kementerian Perhubungan. Website RTTMC Kemenhub ini menyajikan pantauan CCTV jalan di beberapa ruas jalan utama.

Untuk mengaksesnya, kunjungi laman rttmc.dephub.go.id. Terdapat beberapa fitur yang bisa diakses. Selain pemantauan CCTV secara online, Anda juga bisa mengetahui informasi lalu lintas, peta jalan, dan juga berita yang berkaitan dengan lalu lintas.

ATCS Dishub

Web berikutnya adalah ATCS (Area Traffic Control System) Dinas Perhubungan. Untuk saat ini, ATCS Dishub hanya tersedia di beberapa daerah saja. Daerah seperti Bandung, Cirebon, dan Padang adalah wilayah yang lalu lintasnya bisa dipantau melalui CCTV jalan.

Baca Juga:   Jadwal Red Sparks di Semifinal Liga Voli Korea

Untuk daerah Bandung, Anda bisa membuka laman atcs-dishub.bandung.go.id/. Untuk wilayah Cirebon, Anda bisa membuka laman dishub.cirebonkota.go.id/atcs/. Sedangkan untuk kota Padang bisa dilihat pada atcs.dishub.padang.go.id/.

Lewatmana

Web terakhir yang bisa dimanfaatkan untuk memantau CCTV jalan adalah web lewatmana. Meski dikelola swasta, namun web ini menyediakan pantauan CCTV jalan yang cukup luas untuk daerah Jakarta, Bandung, Surabaya, Puncak, dan juga Depok. Untuk mengaksesnya, kunjungi laman lewatmana.com.

2. Cara melihat CCTV jalan dengan aplikasi

Cara kedua untuk melihat CCTV jalan adalah dengan memanfaatkan aplikasi yang bisa diunduh di ponsel.

CCTV ATCS Indonesia

CCTV ATCS Indonesia adalah aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk memantau kondisi lalu lintas jalan melalui CCTV. Meski ukuran aplikasi ini cukup kecil, namun sudah mencakup beberapa wilayah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Maluku, Sumatera Utara, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sumatra Barat, Riau, dan juga Aceh.

Travoy

Travoy dikelola oleh Jasa Marga, sehingga sangat cocok digunakan jika Anda ingin memantau kondisi lalu lintas di beberapa ruas jalan tol. Selain CCTV, pengguna juga bisa mengetahui informasi seputar jalan tol beserta dengan tarifnya.

Baca Juga:   Operasi Penindakan Mafia IMEI Ilegal Lebih dari 191 Ribu Ponsel Dimatikan, Mayoritas Merupakan iPhone

SITS

Aplikasi terakhir untuk mengakses CCTV jalan adalah aplikasi SITS (Surabaya Intelligent Transport System) yang bisa diunduh di laman Play Store. Seperti namanya, aplikasi ini khusus untuk memantau CCTV jalan di wilayah Surabaya. Setidaknya 90 titik jalan yang sudah tercover oleh CCTV.

Terdapat kekurangan dari CCTV jalan ini jika dibandingkan dengan menggunakan maps, yakni cakupan jalan yang sudah terkoneksi dengan CCTV ini masih terbatas, berbeda dengan maps yang memiliki cakupan area yang lebih luas.

Sebelum melakukan pemantauan kondisi lalu lintas dengan CCTV jalan baik melalui website maupun dengan aplikasi, pastikan Anda memiliki jaringan internet yang memadai. Hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya lag yang bisa mengurangi keakuratan dari CCTV jalan.

Loading

Berikan Komentar Anda