BPJT Siapkan 3 Lokasi Rest Area Tambahan untuk Mudik, Fasilitas Lengkap dan Aman bagi Pengguna Jalan

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR telah melakukan sejumlah persiapan jelang mudik hari raya Idul Fitri atau Lebaran 2023. Sekretaris BPJT Yongki Triono mengatakan pihaknya akan menambah tempat istirahat atau rest area fungsional di beberapa ruas tol.

“Kami menyiapkan rest area fungsional baru ada di tiga titik,” kata Sekretaris BPJT Yongki Triono dalam konferensi pers virtual, Kamis (13/4/2023).

Tiga lokasi rest area fungsional itu berada di Pemalang-Batang Km 338a, ruas Pemalang-Batang Km 319b, dan Ruas Jakarta-Cikampek Km 19b. Yongki juga menjelaskan ada tambahan holding area yang disiapkan.

“Namun ada tambahan holding area di KM 61 A dan B, ruas Cikampek-Palimanan,” tuturnya.

Baca Juga:   Cara Perpanjang SIM Online dengan Mudah

Yongki juga mengatakan pihaknya akan mengfungsionalkan 11 ruas jalan tol. Selain itu terdapat 127 tempat istirahat yang sudah disediakan.

“Memastikan pengoperasian ruas jalan tol kami sepanjang 2.624 km, yang mana untuk mendukung jalan tol tersebut kita sudah menyiapkan 127 tempat istirahat,” ucapnya.

“Kami juga akan memfungsionalkan 11 ruas jalan tol yang mana tujuh berada di Pulau Jawa dan empat Sumatera sepanjang total 222 km. Fungsional dari jalan tol tersebut, karena sifatnya fungsional, kami hanya melaksanakan dari pagi hingga sore hari. Namun kami telah memastikan bahwa jalan tol tersebut dapat digunakan secara aman,” lanjutnya.

Pihaknya juga akan menyiapkan fasilitas berupa lokasi pengisian baterai mobil listrik di 14 titik. Selain itu Yongki mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan angkutan sungai dan penyeberangan (ASDP) untuk menyiapkan pembelian tiket kapal feri di beberapa rest area.

Baca Juga:   Welin Kusuma Pria Indonesia Mempunyai 44 Gelar Akademik Berhasil Pecahkan Rekor Muri

“Jadi charging untuk mobil listrik sebanyak 14 titik yang mana satu titik di Jakarta- Merak, 11 titik dari Jakarta ke Probolinggo, dan dua titik di Jagorawi,” ujarnya.

“Khusus Jakarta arah Merak di rest area 43 dan 68, kami bekerja sama dengan ASDP menyiapkan untuk pembelian tiket feri di pelabuhan Merak. Jadi masyarakat bisa membeli tiket kapal di kedua rest area tersebut,” sambung Yongki.

Loading

Berikan Komentar Anda