Beasiswa untuk Calon Mahasiswa Gap Year Dibuka di 5 PTS Ini, Segera Daftar!

Pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tahun ini tak cuma dilakukan oleh lulusan SMA/sederajat tahun 2024. Namun, juga dilakukan oleh calon mahasiswa gap year. Calon mahasiswa gap year adalah mereka yang menunda kuliah selama beberapa tahun setelah lulus SMA/sederajat. Alasannya beragam, bisa karena gagal di seleksi masuk PTN tahun sebelumnya, bekerja, istirahat atau lainnya.

Bagi calon mahasiswa gap year yang tahun ini memutuskan untuk berkuliah di PTS, informasi ini bisa jadi berguna untuk kalian. Ternyata, ada beberapa PTS yang menawarkan beasiswa bagi calon mahasiswa gap year.

Kampus mana saja yang menyediakannya? Melansir masing-masing laman resmi kampus, berikut di antaranya.

PTS yang Buka Beasiswa untuk Calon Mahasiswa Gap Year

1. Universitas Ciputra

Universitas Ciputra menyediakan beasiswa untuk calon mahasiswa lulusan SMA/SMK maksimal dua tahun yang lalu (2022). Beasiswa ini berlaku untuk semua prodi yang ada di Universitas Ciputra kecuali kedokteran.

Baca Juga:   Bus Rombongan Study Tour SMP PGRI 1 Wonosari Kecelakaan, 2 Penumpang Meninggal Dunia

Untuk mendaftar beasiswa ini, berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi:

  • Alumni SMA/SMK lulusan 2023 dan maksimal lulusan 2022
  • Mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) jika tidak mengikuti UTBK 2022-2024. Namun, jika mempunyai nilai
  • UTBK di tahun 2023 dan 2024 tak perlu mengikuti TPA
  • Beasiswa tidak berlaku jika nilai rapor atau TPA tidak memenuhi kategori minimal. Adapun nilai rapor yang digunakan yakni rata-rata nilai pengetahuan kelas 11 semester 2.
  • Jika nilai rata-rata rapor kelas 11 semester 2 adalah 84-100 dan nilai TPA minimal 70, maka beasiswa yang didapat sebesar 75% DPP (Dana Pengembangan Pendidikan)
  • Jika nilai rata-rata rapor kelas 11 semester 2 adalah 80-83 dan nilai TPA minimal 65, maka beasiswa yang didapat sebesar 50% DPP
  • Jika nilai rata-rata rapor kelas 11 semester 2 adalah 76-79 dan nilai TPA minimal 60, maka beasiswa yang didapat sebesar 25% DPP
Baca Juga:   Program Beasiswa S1 Universitas Mulawarman Tahun 2023 2024

2. Institut Teknologi Indonesia (ITI)

ITI membuka jalur seleksi bagi lulusan SMA/SMK/MA tahun 2024 dan 2023. Bagi yang memiliki nilai UTBK, maka bisa berkesempatan mendapat beasiswa dari ITI.

Beasiswa yang akan diperoleh berupa potongan uang pangkal. Semakin besar nilai UTBK calon mahasiswa, maka potongan uang pangkal semakin besar juga. Jika berminat, maka bisa mendaftar di pmb.iti.ac.id.

3. Ma’soem University

Ma’soem University mempunyai beasiswa bagi calon mahasiswa yang gap year selama satu tahun atau lulusan tahun 2023. Namun, syaratnya adalah mempunyai nilai UTBK minimal 450.

Beasiswa yang disediakan berupa 40% biaya pendidikan. Pendaftaran beasiswa ini masih dibuka hingga 31 Juli 2024 di laman pmb.masoemuniversity.ac.id.

4. Universitas Multi Data

Universitas Multi Data atau MDP menawarkan beasiswa berupa potongan uang bangungan hingga 20%. Beasiswa ini juga berlaku bagi calon mahasiswa yang gap year satu tahun yang lalu (lulusan 2023).

Baca Juga:   Beasiswa BUD di Program S1 IPB Untuk Lulusan SLTA 2016

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendapat beasiswa ini salah satunya adalah mempunyai skor UTBK. Jika berminat, detikers bisa mendaftar di https://daftar.mdp.ac.id/register/jalur/utbk.

5. President University

President University adalah salah satu PTS yang menawarkan kuliah S1 singkat selama 3 tahun. Selain itu, kampus ini juga memiliki beasiswa bagi calon mahasiswa gap year tahun 2022 dan 2023.

Syarat untuk mendaftar beasiswa ini antara lain:

  • WNI berbadan sehat, bebas dari narkoba.
  • Lulusan SMA atau sederajat tahun 2023, atau maksimal 2 tahun sebelum tahun akademik perkuliahan dimulai.
  • Nilai mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris di rapor minimal 80 pada kelas 10 dan 11 semester 1 – 4
  • Mempunyai sertifikat nilai hasil UTBK

Loading

Berikan Komentar Anda