6 Stadion yang Digunakan di Piala Dunia U-17

Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku sangat bersyukur atas penunjukan tersebut.

Tidak hanya Ketum PSSI saja yang merasa senang atas penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Presiden Jokowi pun mengucapkan rasa syukur atas terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Selain itu, gelaran Piala Dunia U-17 diperkirakan bergulir pada 10 November – 2 Desember 2023. Berikut beberapa Stadion yang diperkirakan akan digunakan di Piala Dunia, dilansir berbagai sumber:

1. Jakarta International Stadium

Sebelum menjadi Jakarta International Stadium, stadion ini dulunya bernama Bersih Manusiawi Wibawa, merupakan stadion sepakbola yang berlokasi di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Awal pembangunan stadion ini terjadi pada tahun 2008 saat Jakarta masih dibawah pemerintah Fauzi Bowo.

Baca Juga:   Indonesia Bungkam Australia 1-0 Lewat Sundulan Komang Teguh di Laga Piala Asia U-23 2024

Stadion JIS ini diperkirakan akan digunakan Piala Dunia U-17. Stadion ini awalnya dirancang memiliki 50.000 kapasitas penonton. Namun pada 2014 memiliki desain baru serta berubah menjadi 80.000 penonton.

2. Stadion Si Jalak Harupat, Bandung

Stadion Si Jalak Harupat diprediksi akan digunakan menjadi tempat gelaran Piala Dunia U-17. Lokasi stadion tersebut berada di Soreang, Kabupaten Bandung. Stadion ini pertama kali di bangun pada 2003 pada masa Bupati Obar Sobarna.

Kabarnya stadion ini telah menghabiskan dana sekitar Rp67,5 miliar. Selain itu, stadion ini memiliki kapasitas penonton sekitar 27.000.

3. Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang

Stadion Gelora Sriwijaya atau yang dikenal sebagai Stadion Jakabaring. Stadion ini diprediksi akan digunakan menjadi gelaran Piala Dunia U-17. Selain itu, Stadion tersebut memiliki kapasitas 23.000 penonton.

Lokasi Stadion Gelora Sriwijaya di Jl. Gubernur HA Bastari, Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Stadion ini juga pertama kali dibangun pada 1 Januari 2001.

Baca Juga:   Ini Syarat KPR Rumah Subsidi Serta Dokumen yang Harus Disiapkan, Kamu Wajib Tahu!

4. Stadion Manahan, Solo

Stadion Manahan adalah sebuah stadion sepak bola yang berada di kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Stadion berkapasitas 25.000 penonton. Stai Udon ini juga masuk dalam rencana stadion yang akan digunakan di Piala Dunia U-17.

Manahan merupakan stadion pertama di Indonesia yang menjadi tuan rumah event olahraga difabel terbesar di Asia Tenggara ASEAN Para Games 2011.

Stadion ini diresmikan pada tanggal 21 Februari 1998 oleh Presiden Republik Indonesia, Soeharto. Saat ini sebagian besar digunakan untuk pertandingan sepak bola dan digunakan sebagai tempat rumah Persis Surakarta.

5. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

Stadion Gelora Bung Tomo adalah sebuah stadion serbaguna di Surabaya, Indonesia yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sport Center. Stadion ini dibuka pada 6 Agustus 2010.

Baca Juga:   Ujungnya Bikin Geli, Pria ini Menggoda Mantan Pacar usai Reunian

Keseluruhan komplek olahraga sedang dibangun. Stadion ini digunakan untuk pertandingan sepakbola dan menjadi basis baru bagi Persebaya Surabaya, menggantikan Stadion Gelora 10 November.

Stadion Gelora Bung Tomo sendiri dapat menampung 46.806 penonton setelah renovasi. Stadion Gelora Bung Tomo direnovasi pada tahun 2019–20 untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

6. Stadion I Wayan Dipta, Bali

Stadion Kapten I Wayan Dipta adalah sebuah stadion multifungsi di Gianyar, Bali, Indonesia dengan kapasitas 15.860 kursi penonton. Stadion ini juga diprediksi akan digunakan untuk pertandingan Piala Dunia U-17.

Stadion Kapten I Wayan Dipta pernah menjadi tuan rumah Piala Presiden 2015, 2017, dan 2018, dan pernah menggelar turnamen pramusim bernama Bali Island Cup 2015, 2016, dan 2017.

Loading

Berikan Komentar Anda