10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Hampir setiap pencari kerja mempertimbangkan besaran gaji untuk mau berkarir di sektor atau perusahaan mana.

Pertimbangan ini bukan hal yang salah. Pasalnya, ada berbagai kebutuhan hidup yang harus dipenuhi.

Gaji juga bisa menjadi penentu ‘kasta’ seseorang, apakah merupakan kaum elite, pekerja kelas menengah, atau buruh.

Lantas, apa pekerjaan yang gajinya besar di Indonesia? Mengutip Laporan Michael Page 2022, berikut 10 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia:

1. C-Suite

Tak hanya di Indonesia, pekerjaan sebagai C-Suite juga merupakan pekerjaan yang gajinya besar di dunia. Sebab, jabatan C-Suite menentukan kesuksesan perusahaan yang dipimpinnya.

Jabatan C-Suite ini beragam, mulai dari Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO), sampai Chief Operating Officer (COO). Berdasarkan Laporan Michael Page 2022, kisaran gaji C-Suite mulai dari Rp150 juta sampai Rp250 juta per bulan.

Besaran gaji CEO, CFO, dan COO ini umumnya ditentukan oleh pengalaman karir yang dimiliki, skala bisnis perusahaan yang dipimpin, hingga sektor bisnis perusahaan.

Bekerja sebagai CEO, CFO, dan COO bisa menjadi opsi pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia untuk wanita. Sebab, saat ini sejumlah perusahaan besar memberi kesempatan kepada perempuan untuk memimpin perusahaannya.

Baca Juga:   Strategi Rumah Sakit Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Sesuai Standart Akreditasi Versi Terbaru Share

2. Direktur risiko

Pekerjaan yang gajinya tak kalah fantastis adalah direktur risiko. Meski begitu, posisi ini mengemban tanggung jawab yang juga besar. Mulai dari menganalisis risiko keuangan, strategi, hingga kepatuhan di perusahaan.

Jika salah langkah, tentu perusahaan justru bisa merugi. Tak heran, jabatan ini memiliki gaji yang besar sebagai imbalan dari keahlian yang dibutuhkan.

Rata-rata gaji direktur risiko di perusahaan besar di Indonesia sekitar Rp180 juta per bulan. Umumnya, direktur risiko di perusahaan perbankan dan industri jasa keuangan lain yang memiliki gaji besar.

3. Manajer penjualan di perusahaan multinasional

Jabatan manajer penjualan, khususnya di perusahaan konsumer dan ritel multinasional, memiliki rata-rata gaji berkisar Rp175 juta per bulan.

Pekerjaan ini memiliki tugas untuk memastikan hasil penjualan meningkat setiap tahunnya. Target lain adalah meningkatkan skala bisnis perusahaan alias pangsa pasar.

4. Wakil direktur bidang hubungan pemerintah

Pekerjaan yang gajinya besar selanjutnya adalah wakil direktur bidang hubungan pemerintah. Ia memiliki tugas untuk memuluskan negosiasi proyek dari pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Proyek dari pemerintah dan BUMN penting karena dapat mendatangkan pendanaan besar dan stabil bagi perusahaan. Kisaran gaji untuk posisi ini sebesar Rp170 juta per bulan.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Universitas Indonesia 2022/2023

5. Wakil direktur bidang ilmu data

Selain bidang hubungan pemerintah, wakil direktur bidang ilmu data (data science) juga menjadi pekerjaan bergaji fantastis, berkisar Rp150 juta per bulan.

Perkembangan zaman membuat data memegang peranan yang penting untuk pengembangan perusahaan, sehingga dibutuhkan jabatan yang mampu menganalisis dan mengolah data untuk pengembangan bisnis perusahaan.

Saat ini, jurusan data science juga tengah populer di dunia perkuliahan.

6. Kepala strategi perusahaan

Kepala atau direktur strategi perusahaan juga merupakan pekerjaan dengan gaji besar, yaitu berkisar Rp150 juta per bulan.

Hal ini karena jabatan ini dibutuhkan untuk mendukung kepemimpinan para CEO, CFO, dan COO untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan dalam jangka pendek dan panjang.

7. Direktur proyek

Indonesia merupakan negara pengekspor sumber daya alam, maka tak heran ada banyak proyek-proyek komoditas yang berkembang pesat dan menjadi penopang roda ekonomi.

Hal ini membuat perusahaan-perusahaan di sektor komoditas perlu merogoh kocek untuk membayar direktur proyek yang bertanggung jawab penuh pada kelangsungan proyek komoditas.

Alhasil, pekerjaan di posisi ini mengantongi gaji besar, yaitu mencapai Rp150 juta per bulan.

Baca Juga:   10 Kota Terkecil di Dunia dengan Kisah Unik dan Aneh yang Menakjubkan

8. Direktur operasi

Selain direktur proyek, tentunya jabatan direktur operasi tak kalah penting di perusahaan komoditas. Begitu juga di perusahaan bidang manufaktur, yang turut menyumbang porsi ekonomi besar bagi perekonomian Indonesia.

Tugasnya untuk menjalankan operasi proyek dan pabrik, sehingga pekerjaan ini diganjar dengan gaji besar berkisar Rp140 juta per bulan. Khususnya di perusahaan manufaktur besar.

9. Direktur teknis

Kebijakan pemerintah menggenjot berbagai proyek infrastruktur di Tanah Air rupanya juga membuat jabatan direktur teknis mendapat gaji besar mencapai Rp140 juta per bulan.

Ahli di bidang teknis ini dibutuhkan untuk memastikan proyek-proyek infrastruktur berjalan dan menggunakan spesifikasi yang baik.

10. Direktur pemasaran

Indonesia merupakan negara yang memiliki 270 juta penduduk sehingga kerap menjadi pasar bagi berbagai produk, baik dari perusahaan lokal maupun internasional.

Hal ini menjadikan jabatan direktur pemasaran sangat diperlukan agar dapat menggaet pasar. Posisi ini diberi gaji Rp120 juta sampai Rp130 juta per bulan, khususnya di industri konsumer, ritel, dan manufaktur.

Tugasnya mulai dari meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek perusahaan, menyusun citra merek yang sesuai dengan selera masyarakat, dan lainnya.

Loading

Berikan Komentar Anda